Desain Rumah Kecil; Rahasia Hunian Mungil yang Nyaman, Sehat dan Bikin Betah

Menjaga kesehatan tubuh dan mental tidak cukup hanya dengan secara teratur berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi, namun Anda juga bisa mendapatkannya dari lingkungan yang bersih dan sehat, terutama dari lingkungan rumah.

Meski ukuran rumah tidaklah besar, Anda tetap berhak dan dapat memiliki hunian yang nyaman juga menyehatkan. Sudah saatnya Anda mengkreasi sebuah lingkungan tempat tinggal menjadi hunian yang nyaman, desain rumah minimalis modern 2 lantai , sehat dan bikin betah seluruh anggota keluarga. Meski tempat tinggal Anda berukuran kecil, dengan penataan perabotan yang tepat, soal ukuran tidak akan pernah jadi masalah.
Anda tidak perlu merenovasi atau melakukan perubahan besar-besaran pada ruang di rumah, ada banyak cara untuk menyiasatinya. Berikut adalah beberapa rahasia untuk mengkreasi sebuah lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan menyehatkan, meski ukuran rumah Anda tidak terlalu besar.

Rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki ventilasi untuk memperlancar sirkulasi udara. Rumah berukuran kecil akan senantiasa terasa segar jika memiliki sistem ventilasi yang baik. Idealnya, setiap ruangan harus memiliki ventilasi. Saatnya mengecek kembali seluruh ruangan di rumah Anda, apakah sudah memiliki sistem ventilasi yang cukup?

Untuk mendapatkan pencahayaan alami yang baik, Anda sebaiknya memiliki jendela besar sehingga sinar matahari dapat memasuki bagian dalam rumah. Selain sebagai bukaan untuk mendapatkan sumber cahaya alami, jendela juga merupakan satu cara untuk memberi kesan luas pada rumah kecil Anda. Jendela juga memberi Anda pemandangan luar, sehingga terasa segar dan menyatu dengan alam.
Jangan membuat rumah Anda semakin sesak dan sempit dengan kehadiran barang-barang. Terlebih jika sebenarnya Anda belum tentu benar-benar membutuhkan barang-barang atau perabotan tersebut. Saatnya memilih mana saja barang-barang yang Anda gunakan dan menyingkirkan yang tidak diperlukan. Jika berencana membeli barang baru, upayakan memilih model dan desain yang yang simpel dan tidak memiliki banyak motif. Barang yang simpel akan memberi kesan lapang pada ruangan.

Selain memiliki citra estetik, perabotan juga harus memiliki fungsi yang baik. Hindari penempatan perabotan agar tidak berimpitan dengan dinding, tempatkanlah di bagian tengah atau di sela ruangan. Peletakkan perabotan yang tidak tepat selain tidak memiliki visual yang indah juga dapat mereduksi fungsi. Peletakkan perabotan di bagian tengah atau sela ruangan akan menciptakan ilusi ruangan terasa lebih luas.

Menata rumah berukuran kecil mengharuskan Anda melihat potensi perabotan yang digunakan. Penggunaan tempat tidur yang pada bagian bawahnya terdapat laci-laci penyimpanan, merupakan satu potensi besar yang dapat Anda gunakan guna menyiasati minimnya storage space. Atau meja yang dapat juga dirancang menyatu dengan rak buku, sehingga dapat menghemat tempat.

Maksimalkan cahaya yang memasuki ruangan dengan penggunaan warna-warna cerah pada dinding ruangan. Jika Anda memiliki beberapa ruang yang menyatu tanpa sekat, seperti ruang makan dan ruang keluarga, maka buatlah keselarasan warna dinding untuk beberapa ruangan lantai terbuka tersebut. Dengan begitu, kesan luas dan besar akan semakin tampak pada rumah kecil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *